Selasa, 10 Januari 2012

Benefits of Coral Reef Ecosystem by bagus andra




Manfaat Ekosistem Terumbu Karang

Manfaat-manfaat ekosistem terumbu karang adalah:

a. Sumber Makanan

Ikan karang, penyu, udang boring, octopus, conches, kerang, oyster dan rumput laut merupakan sumber makanan bagi manusia yang banyak terdapat di ekosistem terumbu karang, dan banyak dimanfaatkan oleh para nelayan, baik untuk dimakan sendiri maupun dijual.

b. Bahan Obat-obatan

Di daerah paparan (reef flat) terumbu karang tumbuh berbagai jenis algae, yang sering dikenal sebagai rumput laut. Rumput laut ini disamping dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan (sayuran) juga digunakan sebagai bahan obat-obatan. Beberapa jenis alga ini dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan agar-agar, algin dan carragenan. Jenis algae, euchema digunakan unuk produksi carragenan, sedangkan jenis gelidium sp, gracilaria sp, dan hypnea sp dipakai sebagai bahan pembuat agar-agar. Pada industri kosmetik, agar-agar digunakan sebagai bahan dasar untuk cream, lotion, sabun, dan minyak. Pada industri pharmaceutical dan penelitian mikrobiologis agar-agar digunakan untuk media kultur mikroorganisme.

c. Objek Wisata

Wisata bahari merupakan salah satu sektor andalan untuk menghasilkan devisa Negara di luar migas. Banyak daerah-daerah yang memiliki potensi kekayaan bahari mengembangkan kegiatan wisata bahari. Kegiatan wisata ini sangat bergantung pada kondisi lingkungan pesisir, seperti kebersihan, keunikan dan keindahan dilingkungan pantai, baik untuk dimanfaatkan maupun dinikmati oleh wisatawan. Andalan utama kegiatan wisata bahari yang banyak dinikmati oleh wisatawan adalah aspek keindahan dan keunikan terumbu karang karena memiliki nilai estetika sangat tinggi.


d. Ornamental dan Aquarium Ikan Laut

Banyak produk laut yang saat ini diperdagangkan, baik untuk hiasan (ornament) maupun untuk aquarium. Ornament tersebut biasanya dibuat dari cangkang molusca, akar bahar, cangkang penyu, karang mati, atau langsung dari bahan tersebut yang diawetkan, seperti penyu, cangkang molusca (trochus), kerang mutiara, akar bahar.

Ikan-ikan karang biasanya mempunyai warna sangat indah, di samping itu bentuknya yang sangat unik, memberikan kesan tersendiri pada para wisatawan. Ikan-ikan tersebut banyak dijadikan ikan hias dalam aquarium.

e. Bahan Bangunan

Batu-batu karang mati banyak ditambang dari terumbu karang untuk bahan produksi kapur, (misalnya Sri Langka, Mauritius, Indonesia, India dan Filipina), bahan bangunan sebagai pengganti batu bata (misalnya Maldives, Indonesia, dan India), untuk konstruksi (misalnya Seychelles, India, dan Indonesia), untuk produksi calcium carbonat dan untuk penahan gelombang (Piers, groynes, dan seawalls). Di samping itu pasir dari karang juga banyak ditambang untuk produksi kapur untuk pertanian dan bahan campuran pembuat semen. Demikian pula banyak batu-batu karang yang digunakan untuk bahan pengisian daerah reklamasi pantai.

f. Penahan Gelombang dan Pelabuhan

Secara alami keberadaan terumbu karang dapat melindungi pantai dari bahaya abrasi. Demikian pula break water alami ini juga berfungsi untuk melindungi back reef dari gelombang besar. Laguna atau goba di daerah back reef biasa sangat dalam dan sangat jernih, sehingga terumbu karangnya bias tumbuh sangat subur. Di samping itu karena bebas dari serangan badai atau ombak besar, laguna di daerah tersebut sering dimanfaatkan sebagai pendaratan pelabuhan perahu atau kapal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar